Skip navigation

  1. Jantung

Jantung manusia berbentuk kerucutsebesar kepalan tangan, terletak di pusat rongga dada. Jantung diselaputi oleh dua lapis membran pelindung yang disebut perikardium. Ruang diantara dua membran tersebut berisi cairan. Jantung memiliki empat ruang, dua dibagian atas, yaitu serambi kanan (atrium dexter) dan serambi kiri (antrium sinister). Dua ruang lain adalah bilik kanan (ventrikel dexter) dan bilik kiri (ventrikel sinister). Kedalam serambi kanan bermuara pembuluh nadi besar (vena kava). Dari bilik kanan keluar pembuluh nadi paru-paru (arteri pulmonalis). Ke dalam serambi kiri bermuara empat pembuluh balik paru-paru (vena pulmonalis). Dari bilik kiri muncul pembuluh nadi besar (aorta).

Dinding jantung sebagian besar tersusun atas otot jantung. Otot dinding serambi relative tipis, sedangkan otot dinding balik lebih tebal dan kuat dibandingkan dinding serambi. Di antara serambi kanan dan bilik kanan terdapat katup dua daun

(valvula bikuspidalis), di antara serambi kiri dan bilik kiri terdapat katup tiga daun (vulvula trikuspidalis). Sedangkan katup antara bilik kanan dengan pembuluh nadi paru-paru, dan di antara bilik kiri dengan aorta terdapat katup yang berbentuk bulat sabit (vulvula semilunaris).

Gerak jantung dikendalikan oleh sistem elektrik yang tersusun atas jaringan modifikasi dari otot jantung, sehingga otot jantung bisa berkontraksi dan relaksasi. Kontraksi dan relaksasi dinding-dinding otot jantung menyebabkan darah mengalir dari bagian satu ke bagian lain di dalam jantung. Darah dengan kandungan oksigen rendah dari seluruh tubuh masuk ke serambi kanan, kemudian melewati katup tiga daun yang terdapat pada lubang antara atrium dengan bilik kanan. Kontraksi bilik menutup tiga daun dan meyebabkan darah masuk ke arteri paru-paru. Darah yang masuk ke arteri paru-paru mengalir ke arah kiri dan kanan, menuju paru-paru kiri dan kanan. Dari paru-paru kiri dan kanan, darah masuk ke dalam serambi kiri melalui empat buah vena paru-paru. Dari serambi kiri, darah masuk ke bilik kiri dengan melalui katup tiga daun. Dinding bilik kiri berkontraksi mengeluarkan darah ke pembuluh nadi besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: